Kamis, 03 Februari 2011

Mengusir Rasa Minder


Anak remaja seringkali rentan terhadap masalah kepercayaan diri. Mereka seringkali begitu mudah menjadi minder karena pendapat teman atau bahkan hanya karena tidak bisa menjadi sama seperti teman-temannya. Tentu Anda peduli dengan keadaaan buah hati Anda yang sudah beranjak remaja tersebut dan ingin dia menjadi pribadi yang percaya diri.

Minder atau terlalu rendah diri adalah perasaan menganggap diri nggak mampu dan menganggap orang lain lebih baik dari dirinya. Orang minder cenderung bersikap egosentris, memposisikan diri sebagai korban, merasa nggak puas dan cenderung mengasihani dirinya sendiri.

Apa saja penyebab rasa minder itu
- Sering diremehkan dan dikucilkan oleh teman bergaulnya
- Pola asuh orang tua yang sering melarang dan membatasi kegiatan anak
- Orang tua yang sering memarahi kesalahan anak, tapi nggak pernah memberi penghargaan jika anak melakukan hal yang positif
- Kurang kasih sayang atau pujian dari keluarga
- Tertular sifat minder orang tua atau keluarga
- Trauma sama kegagalan di masa lalu
- Trauma dipermalukan di depan umum
- Merasa bentuk fisiknya nggak sempurna, dll

Selama kita melakukan hal yang benar, sebenarnya nggak ada alasan lagi untuk kita merasa minder. Meskipun kita belum mampu melakukan sesuatu, sebagai manusia kita bisa belajar dulu. Namun dalam kenyataannya, beberapa orang salah menempatkan rasa minder itu, sehingga membuat kehidupan dan kesuksesannya jadi terhambat.

Sebisa mungkin hilangkanlah rasa minder itu dari diri kita. Berikut langkah-langkah yang bisa kita lakukan untuk menghilangkan rasa minder tersebut.

- Ubah sudut pandangmu!
Rasa percaya diri itu tak hanya datang dari wajah yang cantik atau tampan, kekayaan yang melimpah, kepandaian ataupun status sosial yang tinggi. Rasa minder bisa datang karena kita lebih memfokuskan diri pada sisi negatif atau
kekurangan kita. Seperti merasa diri nggak menarik, mengabaikan kelebihan yang dimiliki, takut adanya penolakan dari orang lain terhadap apa yang kita lakukan. Padahal, tiap orang memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Maka sekarang waktunya untuk mengubah sudut pandang mengenai dirimu dengan memfokuskan pada kelebihan yang kamu miliki.

- Perluas duniamu!
Banyak banyaklah mengupdate berbagai informasi agar jika kamu diajak ngobrol, omonganmu bisa nyambung. Perluas juga pergaulanmu. Sering bergaul dengan orang-orang yang nggak kaku dan berpikir optimis juga bisa membawamu
lebih percaya diri.

- Tatap matanya..
Rileks aja saat kamu berintekasi dengan orang lain. Meskipun kamu harus berhadapan dengan orang paling populer sekalipun. Tataplah mata lawan bicaramu. Kalo kamu nggak bisa menatap matanya karena kalah dengan rasa rendah dirimu, cobalah untuk menatap batang hidung lawan bicaramu. Orang tak akan menyadari bedanya kalo kamu hanya menatap batang hidungnya aja. Nah.. kalo kamu udah bisa lebih percaya diri, mulailah untuk menatap mata lawan
bicaramu. Latihlah terus agar kamu bisa mengalahkan rasa mindermu.

- Tetap Bersyukur
Kenapa bersyukur? Karena pada dasarnya, orang yang suka merasa minderan lebih melihat ke-"wah"-an orang lain. Sibuk membanding-bandingkan keberhasilan dan keunggulan orang lain dari dirinya. Padahal, tiap manusia memiliki kelebihan dan keunikan masing-masing. Orang yang minder cenderung lebih bisa menghargai orang lain dibanding menghargai dirinya sendri.

Hargailah dirimu dan syukurilah apa yang Tuhan berikan padamu. Gali potensi dalam dirimu dan yakinlah jika kamu punya sesuatu yang bisa dibanggakan.

- Lebih aktif
Jika sebelumnya kamu hanya lebih suka menjadi penonton, coba sekarang kamu menjadi pemeran. Aktiflah di berbagai organisasi yang positif. Perbesar peranmu di antara kawan-kawanmu. Semisal menjadi panitia suatu acara, mengikuti club atau komunitas.

Jadi usirlah rasa minder kamu yang bisa menghalangi kesuksesan kamu. Ambil setiap kesempatan adalam hidupmu dan percayalah bahwa kamu bisa.


Sumber tulisan : http://dnaberita.com/Youth-detail.php?id=428

Tidak ada komentar:

Posting Komentar